Kejujuran (Pengertian Kejujuran, manfaat kejujuran, contoh prilaku jujur)

Advertisement

Kejujuran adalah perbuatan terpuji yang semakin jarang di lakukan oleh umat manusia, jujur memang susah untuk di jalankan tetapi kita hanya perlu melawan kesusahan itu dengan keberanian berbuat benar dan tidak berbohong saat melakukan apapun. 
Jujur merupakan hal yang mempunyai banyak pahala tetapi susah kalau kita hanya memikirkannya tetapi kita bisa mencobanya untuk tidak berbohong dan tidak mementingkan perkataan yang baik tapi tidak menepatinya.
Jujur itu memang mudah tetapi masih banyak wakil rakyat yang mementingkan kepentingan dirinya sendiri. masih banyak orang orang yang membesar besarkan perkataanya hanya untuk kepentingan belaka. 



Pengertian Kejujuran

Jujur adalah sebuah kata yang indah didengar, tetapi tidak seindah mengaplikasikan dalam keseharian. Tidak pula berlebihan, bila ada yang mengatakan “jujur” semakin langka dan terkubur, bahkan tidak lagi menarik bagi kebanyakan orang. Semua orang paham akan maknanya, tetapi begitu mudah mengabaikannya. Yang lebih berbahaya lagi adalah ada orang yang ingin dan selalu bersikap jujur, tapi mereka belum sepenuhnya tahu apa saja sikap yang termasuk kategori jujur.

Contoh Prilaku Jujur di Sekolah

  • Tidak nyontek saat ulangan/disekolah
  • Mengakui kesalan pada org tua/guru
  • Tidak membohongi sahabat baik dalam masalah apapun
  • Minta uang jajan secukupnya ke org tua
  • Terakhir jujur sama pacar, kalo mau selingkuh pun jujur aja :D

Hikmah Berlaku Jujur Dimana Saja

  • MEMPERLUAS PERGAULAN
Orang yang jujur akan mudah bergaul dan pasti akan di senangi banyak orang, karena orang lain tidak akan merasa curiga dan khawatir terhadap perkataan dan perilaku orang yang jujur. Sebaliknya pula, bila seseorang tidak jujur apalagi telah di cap pembohong, maka orang banyak akan selalu membenci dan mencurigai orang pembohong itu. Adapun yang di katakan dan di perbuat oleh orang pembohong akan senantiasa di anggap dusta oleh orang lain.
  • MENJADIKAN MASYARAKAT HIDUP DALAM KEDAMAIAN DAN KETENTRAMAN
Bila sifat jujur sudah melekat pada setiap masyarakat. Maka, kehidupan di masyarakat pun akan menjadi damai, tentran, dan saling peduli serta saling mempercayai antara satu anggota masyarakat dengan masyarakat lainnya serta pun tidak menimbulkan kerugian terhadap orang lain.
Jika seorang pemimpin bertindak jujur dan adil maka rakyatnya pun akan taat, patuh, dan menghormati pemimpinnya.
Jika yang tua sayang pada yang muda, maka yang muda akan hormat kepada yang tua.

  • MENDAPATKAN RIDHO DARI ALLAH
Jujur membawa perilakunya senantiasa berkata dan berbuat baik. Sedangkan kebaikan akan membawa manusia memperoleh ridho dari ALLAH. Dan bila ALLAH ridho kepada hamba-Nya, maka akan di anugerahkan rahmat kepada hamba-Nya.

Akibat Bila Tidak Berbuat Jujur

  • Akan tidak dipercaya orang lain
  • Di kucilkan oleh oleh orang orang disekitarnya 
  • Membawa dampak buruk terhadap mental si orang yang tidak jujur karena akan diliputi dengan rasa takut dan was was.  

Advertisement

Tag:

Artikel Terkait:

search