Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Linux Mint, Linux Redhat, Linux Ubuntu, Linux Slackware, dan Linux Debian

Advertisement


Assalamuallaikum Wr. Wb.

Pada Kali Ini saya akan membagikan beberapa kekurangan dan kelebihan linux dan pengertianya,
Linux yaitu nama yang didapatkan pada system operasi computer bertipe Unix. Linux adalah satu diantara misal hasil pengembangan piranti lunak bebas serta sumber terbuka paling utama. Seperti piranti lunak bebas serta sumber terbuka yang lain biasanya, kode sumber Linux bisa dimodifikasi, dipakai serta didistribusikan kembali dengan cara bebas oleh siapapun.
Nama " Linux " datang dari nama pembuatnya, yang dikenalkan th. 1991 oleh Linus Torvalds. Systemnya, peralatan system serta pustakanya biasanya datang dari system operasi GNU, yang diumumkan th. 1983 oleh Richard Stallman. Peran GNU yaitu basic dari timbulnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux sudah lama di kenal untuk pemakaiannya di server, serta di dukung oleh perusahaan-perusahaan computer terkenal seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, serta Sun Microsystems. Linux dipakai juga sebagai system operasi di beragam jenis type piranti keras computer, termasuk juga computer desktop, superkomputer, serta system benam seperti pembaca buku elektronik, system permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 serta XBox), telephone genggam serta router. Beberapa pengamat tehnologi informatika berasumsi keberhasilan Linux karena Linux tak tergantung pada vendor (vendor independence), cost operasional yang rendah, serta kompatibilitas yang tinggi dibanding versus UNIX tidak bebas, dan aspek keamanan serta kestabilannya yang tinggi dibanding dengan system operasi yang lain seperti Microsoft Windows. Tanda-tanda ini dapat jadi bukti atas kelebihan jenis pengembangan piranti lunak sumber terbuka (opensource software).

Linux Mint

Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.
Linux Mint rilis sebanyak 2 kali dalam setahun. Setiap rilis Linux Mint diberi nomer versi dan code name yang mamakai nama-nama wanita dan selalu berakhiran "a" (contoh: Linux Mint 14 Nadia, 14 adalah nomer versi dan Nadia adalah code name yang berakhiran "a"


  • Kekurangan


  1. Belum sepopuler distro lainnya
  2. hardware resource linux mint lebih sedikit
  3. installer membingungkan
  4. riilis stabilnya out-of-date


  • Kelebihan


  1. dilengkapi dengan pencarian applikasi terfaforit
  2. dapat langsung dijalankan melalui USB Flash Drive dengan menggunakan UNETbooting system operasi Windows
  3. sudah terintegrasi dengan Java Runtime 
  4. tampilan boot yang lenih baik engan GFXboot


Linux Redhat


Red Hat Linux Gratis, buatan perusahaan Red Hat, Inc., adalah sistem operasi Linux yang populer sampai produksinya dihentikan pada tahun 2004.
Red Hat Linux 1.0 ini dirilis pada 3 November 1994. Awalnya disebut "Red Hat Commercial Linux" merupakan distro linux pertama yang menggunakan sistem RPM Package Manager, yang kemudian diikuti beberapa distro lain, seperti Mandriva Linux dan SUSE Linux.
Sejak 2003, Red Hat telah menghentikan produksi Red Hat Linux namun mengeluarkan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk lingkungan perusahaan (gratis bro), serta Fedora (yang dikembangkan oleh masyarakat dengan dukungan Fedora Project dan disponsori oleh Red Hat) sebagai versi gratis bagi lingkungan rumahan. Red Hat Linux 9, rilis terakhir, secara resmi diakhiri pada 30 April 2004, meskipun dukungan masih diberikan oleh proyek Fedora Legacy sampai awal 2007.

  •  Kekurangan 


  1.  Membutuhkan waktu untuk mengkonfigurasinya.
  2.  Jika kita koneksi terputus domain tidak dapat di akses lagi.


  •  Kelebihan


  1.  Dapat mengubah alamat IP menjadi domain pada web.
  2.  Domain juga digunakan sebagai virtual host dalam dunia maya.
  3.  Domain Lebih mudah di ingat dibandingkan dengan no IP Address.

Linux Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.


  • Kekurangan


  1. Masih kurang familiar dan kurang user friendly, karena sebagian besar orang masih menggunakan OS windows dari Microsoft.
  2. Mungkin beberapa aplikasi yang dapat berjalan di windows, hanya sebagian saja dapat berjalan pada Ubuntu.
  3. Masih minimnya software atau game yang bisa di download yang sepenuhnya compatible dengan OS Ubuntu.
  • Kelebihan

  1. Bersifat Open Source, artinya siapa saja boleh mengembangkan OS ini.
  2. Free, dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis.
  3. Tidak memerlukan spesifikasi Komputer atau Notebook yang tinggi.
  4. Untuk mencoba atau menggunakan OS ini, anda bisa tidak menginstallnya ke harddisk komputer karena ada fasilitas live CD melalui proses boot pada CD atau pada flashdisk.
  5. Sistem keamanan lebih ketat, sehingga dapat terhindar dari berbagai serangan virus, worm, Trojan dan berbagai jenis virus walaupun tidak menggunakan anti virus.
  6. Bersifat lebih stabil, karena merupakan turunan Debian.
  7. Lebih banyak pilihan bahasa, yakni sekitar 55 jenis bahasa yang dapat kita pilih termasuk bahasa Indonesia di dalamnya.
  8. Lebih mudah mendapatkan file ISO-nya, yakni bisa melalui Download, maupun minta dari teman tanpa khawatir terkena pelanggaran hukum mengenai pembajakan software.
  9. Sudah tersedia Aplikasi penting seperti Office (Libra Office dan Open Office), untuk Browsing (Modzilla Fire Fox, Chromonium), multimedia (Rhytmbox, VLC Player), Grafik (GIMP, Shotwell), dan hiburan Game (LineCity, Hedgewar) dan berbagai aplikasi lainnya yang bersifat free atau gratis.
  10. Tampilan dekstop lebih keren karena menggunakan Compiz fusion
  11. Terdapat Ubuntu software Center yang mana anda dapat mendownload berbagai aplikasi dan game dengan mudah dan tentunya gratis.
  12. Bisa digunakan bersamaan dengan Windows yakni dengan membuat dual booting pada komputer atau notebook.
  13. Versi terbaru rilis setiap 6 bulan sekali. Dan versi terbaru sekarang ialah versi 12.04.
  14. Proses penginstalan dapat melalui CD/DVD dan dapat juga dengan menggunakan flashdisk.
  15. Dapat dimodifikasi dan didistribusikan sesuka hati.
  16. Sudah tersedia OS Ubuntu untuk Handphone dan Tablet.

Linux Slackware

Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro Linux awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix. 

  • Kekurangan 
  1. Aplikasi-aplikasi grafis untuk mengkonfigurasi distro ini bisa dibilang minim, karena pada dasarnya GUI jauh lebih kompleks dan memakan lebih banyak penggunaan memory dibandingkan penggunaan perintah konsol pada umumnya,
  2. Pengguna harus memastikan sendiri bahwa sistem telah memiliki semua perpustakaan sistem dan program-program yang dibutuhkan oleh paket baru (yang akan diinstal). Jika ada yang kurang, mungkin tidak ada indikasi sampai pengguna berupaya untuk menggunakan perangkat lunak yang baru diinstal.
  3. Slackware sendiri tidak mempunyai alat untuk secara otomatis menata dependensi bagi pengguna dengan secara otomatis dengan mengunduh dan menginstalnya, beberapa perangkat lunak pihak ketiga ada yang dapat memberikan fungsi ini, mirip dengan cara APT di Debian.
  • Kelebihan 
  1. Pembuatan paket pada slackware sangat sederhana dibandingkan paket-paket seperti RPM dan Debian. Paket lebih mirip dengan kompresi root direktori ditambah beberapa file lain yang diletakkan di direktory /install.
  2. Distro ini termasuk distro yang cryptic dan manual sekali bagi pemula Linux, tapi dengan menggunakan distro ini beberapa penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja sistem dan distro tersebut.
  3. lebih dekat dengan gaya UNIX, sederhana, stabil, mudah dikustom, dan didesain untuk komputer 386/486 atau lebih tinggi.

Linux Debian

Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan. Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari Unix dan perangkat lunak bebas. Debian dapat digunakan pada beragam perangkat keras, mulai dari komputer jinjing dan desktop hingga telepon dan server. Debian fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya. Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.

  • Kekurangan
  1. Siklus pengembangan distro sangat konservatif alias lambat
  2. Para pengebang tidak mengenal istilah "dead line" sehingga jangka waktu antar rilis dapat bertahun-tahun.
  • Kelebihan 
  1. Paket Debian dikenal super-stabil yang artinya bukan merupakan paket "state of the art".
  2. Sistem pemeliharaan paket berbasis program "APT" yang canggih
  3. Pemeliharaan sistem (update) dapat ditangani dengan campur tangan sisadmin yang sangat minim
  4. Sistem hanya di-reboot setelah mengganti kernel, mati listrik, atau pergantian perangkat keras, berbeda dengan system operasi windows pada saat update system harus di-reboot terlebih dahulu.
  5. Non komersial yang dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruh dunia yang saling bekerjasama melalui Internet, sehingga dapat dikembangkan atau dipakai secara gratis.
Itu adalah beberapa pengertian, kelebihan dan kekurangan dari Linux linux yang berkembang di seluruh dunia untuk saatn ini, semoga artikel kali ini dapat membantu kalian semua untuk menambah wawasan yang sangat bermanfaat tersebut.

Advertisement

Artikel Terkait: