Pengenalan dan cara Instalasi Blender

Advertisement

 Pada kesempatan ini saya dapat membagikan Pengenalan Blender dan Instalasi tujuan nya untuk memberitahu kalian semua tentang cara mengolah berbagai format seperti  modeling, UV unwrapping, texturing, rigging, water simulations, skinning, animating, rendering, particle, dan simulations, non-linear editing, compositing, dan membuat interactive 3D applications, termasuk games. Langsung saja kita ke pengertianya.

Pengenalan Blender dan Instalasi

Pengenalan Blender Blender adalah aplikasi grafis 3D yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas (open source) di bawah GNU General Public License. Blender dapat digunakan untuk modeling, UV unwrapping, texturing, rigging, water simulations, skinning, animating, rendering, particle, dan simulations, non-linear editing, compositing, dan membuat interactive 3D applications, termasuk games.
Blender tersedia untuk sejumlahOperating System(OS) antara lain: Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Features yang termasuk dalam software Blender ini di antaranya Photorealistic Rendering, Modelling, Realistic Materials, Rigging, Anmation, Sculpting, UV Unwrapping, Compositor, Simulations, Game Creation, Camera and Object Tracking, Library of Extensions, Flexible Interface, File Formats (dapat dilihat dar ilink http://www.blender.org/features/ ).
Contoh video animasi yang dihasilkan oleh Blender, terdapat pada CD buku pendukung

Sejarah Blender Blender tercipta dari komunitas pecinta animasi dari berbagai latar belakang. Mereka beraliansi membuat sebuah software yang free (opensource) dan bebas dikembangkan. Blender di gagas oleh Ton Roosendaal (Belanda). Mulanya Ton Roosendaal mendirikan studio animasi (1988-2002) kemudian Blender menjadi softwaresharewareanimation ditahun yang sama Ton Roosendaal mendirikan Blender institute. Sejak periode 2002 sampai sekarang, Blender selalu update fitur, interface dan performanya, sehingga kemampuan Blender untuk digunakan produksi animasi tidak diragukan, terbukti dengan hasil openmovie beberapa film keluaran sintel (Blender Institute).

Instalasi Aplikasi Blender Dalam instalasi Blender, terlebih dahulu memilih system type computer. Jika menggunakan OS Windows terdapat 32 bit dan 64 bit, maka dalam proses instalasi kita harus menggunakan aplikasi yang sesuai. Untuk mengetahui tipe OS Windows 32 bit atau 64 bit dilakukan dengan cara klik start > pilih computer > klik kanan > pilih properties. Tidak hanya bisa dijalankan di OS Windows, Blender juga menyediakan aplikasi untuk Mac OS dan Linux. Pengguna diminta untuk menggunakan aplikasi instalasi Blender sesuai dengan OS yang digunakan di komputer.
  1. Siapkan installer Blender (dapat di download dari link http://www.blenderindonesia.org/)
  2. Buka aplikasi Blender.
  3. Install aplikasi Blender dan tekan Next.
  4. Pilih I Agree.
  5. Berikan tanda centang (✓) semua checkbox tersebut kemudian tekan next.
  6. Keluar tampilan seperti gambar di bawah ini lalu pilih install.
  7. Tunggu proses instalasi Blender sampai selesai lalu tekan Finish.

Blender siap di oprasikan sebagai mana fungsinya.

Advertisement

Artikel Terkait: