Pengenalan Fitur-fitur terbaru Blender

Advertisement

Secara default atau saat membuka aplikasi Blender, tampilan Blender yang akan muncul adalah seperti berikut.Klik kiri pada sembarang tempat untuk menampilkan factory settings pada Blen der, sehingga akan tampil fitur seperti berikut.



Header:  Menu utama Blenderyang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
Viewport :  Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
Toolbar :  Terdiri atas daftar toolsyang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
Outliner :  Struktur data dari objek pada Blender.
Properties: Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk me modiļ¬kasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau toolsyang sedang aktif.
Timeline :  Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuksequencer.

Screen Layouts Saat membuka Blender, layar akan menampilkan secara default seperti pada gambar di atas. Tampilan tersebut dapat diganti sesua ikebutuhan, misalnya kebutuhan untuk merancang simulasi visual, Anda dapat memilih layout animation yang merupakan tampilan untuk mengerjakan animasi dan lain-lain. Tools ini berada pada pojok kiri atas layar, merupakan bagian dari Main Header  yaitu menubar yang ada di bagian atas pada tampilan Blender.

Splitting Windows Splitting windows atau pembagi tampilan lembar kerja pada software Blender, Splitting windowsdalam pembuatan simulasi visual 3D sering kali digunakan. Contohnya dalam pemodelan 3D diperlukan lebih dari 1 windows. Splitting windows adalah membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan dapat dilakukan secara horizontal maupun vertical. Berikutcara melakukan splitting windows.

Shortcut of Numpad Bagipara pengguna laptop disarankan untuk mengaktifkan Emulate Nump ad, karena berguna untuk menggantikan tombol Numpad, sehingga bisa menggunakan perinta h Numpad dengan menekan tombol angka pada keyboard bagian atas.

Snap 3D Cursor Pada dasarnya 3D Cursor digunakan untuk menentukan letak objek, sedangkan Snap merupakan sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan.Cara melakukan snap3D cursor adalah dengan menekan SHIFT + S .

Adding Object Adding Object merupakan sebuah menu untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Lakukan dengan cara menekan SHIFT+A atau pilih menu  Add pada Header menu.

Transformation adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek.
Dasar transformasi dalam Blender, meliputi:

Grab / Move :  menggeser objek dengan menekan tombol [G]
Rotation :  memutar objek dengan menekan tombol [R]
Scale :  menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan tombol [S]

Untuk mentransformasikan objek berdasarkan sumbu(x,y,z),Anda dapat menggunakan shortcut keyboard, Grab / Move

[G] [G]+[X]  :  objek akan bergeser pada sumbu X.
[G]+[Y]  :  objek akan bergeser pada sumbu Y.
[G]+[Z]  :  objek akan bergeser pada sumbu Z.
[G]+[Shift ]+[X]  :  objek akan bergeser pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah dikunci agar tidak berubah


Advertisement

Artikel Terkait:

search