Geser kebawah untuk membaca artikel!

Pengertian ilmu pengetahuan

Advertisement

loading...



Ilmu yaitu sesuatu yang didapat dari kegiatan membaca dan memahami benda-benda maupun peristiwa, diwaktu kecil kita belajar membaca huruf abjad, lalu berlanjut menelaah kata-kata  dan seiring bertambahnya usia secara sadar atau tidak sadar sebenarnya kita terus belajar membaca, hanya saja yang dibaca sudah berkembang bukan hanya dalam bentuk bahasa tulis namun membaca alam semesta seisinya sebagai usaha dalam menemukan kebenaran. Dengan ilmu maka hidup menjadi mudah, karena ilmu juga merupakan alat untuk menjalani kehidupan.

Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Pentingnya ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan sangat lah penting bagi semua umat islam di dunia ini karena manusia diciptakan untuk menjadi orang yang berakal tidak sombong serta dapat mengontrol dirinya. terdapat beberapa hadist yang menerangkan pentingnya ilmu pengetahuan. beberapanya adalah sebagai berikut
“ mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, dan orang yang meletakkan ilmu pada selain yang ahlinya bagaikan menggantungkan permata dan emas pada babi hutan.”(HR. Ibnu Majah dan lainya)

Juga pada hadist rasulullah yang lain,”carilah ilmu walau sampai ke negeri cina”. 

Perbedaan Orang yang berilmu dan yang tidak berilmu :

Ciri ciri orang yang berilmu adalah sebagai berikut :


  • Orang yang berilmu akan berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak
  • Orang berilmu senantiasa menjaga ucapan nya
  • Orang berilmu selalu menjaga sikap dan tindakan nya agar tidak merugikan orang lain 
  • Orang yang berilmu jika ditanya pendapatnya akan menjawab dengan tegas dan tidak takut untuk salah 
  • Orang yang berilmu adalah jika ditanya hanya senyum-senyum/tidak akan menjawab karena dia takut salah atas jawabannya
  • Orang yang berilmu perkataannya biasanya agak disaring dari  kata kata yang tak pantas untuk diungkapkan



Ciri ciri orang yang tidak berilmu adalah sebagai berikut :


  • Orang yang tidak berilmu perkataannya biasanya tidak disaring dari  kata kata yang tak pantas untuk diungkapkan
  • Orang yang tidak berilmu tidak memikirkan setiap tindakan nya terlebih dahulu
  • Orang yang tidak berilmu tidak menjaga ucapan nya 
  • Orang yang tidak berilmu dan tidak menjaga tindakan nya sehingga dapat merugikan orang lain
Kewajiban mengamalkan ilmu 


 Banyak orang menuntut ilmu yang tidak diamalkan,ilmunya menjadi sia-sia hanya digunakan untuk menunjukan kehebatan dan keutamaan dirinya,serta untuk tujuan yang berbau keduniaan.
               Amalkan ilmumu bila engkau ingin selamat dari adzab Allah. Dalam mengamalkan ilmu kita harus memperhatikan hal-hal berikut,diantaranya :
1.    Jangan melihat tempat dan waktu dalam mengamalkan ilmu
2.    Meskipun sedikit amalkan ilmumu,
     Dikisahkan ,sesungguhnya Al – Junaid setelah meninggal dunia ada seorang yang bermimpi bertemu dia,lalu ia bertanya kepada Al – junaid : “Wahai Abu Qasim (imam junaid), bagaimana keadaanmu setelah meninggal? ,Al – Junaid menjawab,”Aduh … kebaikan yang aku lakukan hilang semuanya,dan seluruh isyarah amal-amal itu juga hilang tidak ada manfa’atnya sedikitpun ,kecuali beberapa rakaat yang aku lakukan di tengah malam”. Keterangan Al- Junaid membuktikan bahwa derajat seseorang disisi Allah itu tidak dilihat dari banyaknya  ilmu yang dipelajari dan dikuasai,melainkan dilihat dari pengamalannya. Meskipun ilmunya sedikit lalu diamalkan itu lebih baik dan berarti dari pada memiliki ilmu yang banyak tetapi tidak diamalkan.
3.    Janganlah menunggu masa tua dalam mengamalkan ilmu.
4.    Jangan beranggapan ilmu itu bisa mengangkat derajat mu bila tanpa diamalkan.
      Ali ra berkata : “Barangsiapa menyangka bahwa tanpa jerih payah beribadah dirinya bisa mencapai derajat yang tinggi,itu berarti dia mengharapkan perkara yang sulit datangnya. Barangsiapa menyangka bahwa dengan menyepelekan ibadah dirinya bisa mencapai derajat tinggi,itu menunjukan kesombongan dirinya (ia sudah merasa cukup amal ibadahnya)
      
       Al Hasan berkata : “Mencari surga tanpa beramal adalah suatu dosa,dari jenis dosa-dosa yang lain
      
     Nabi isa bersabda:“Orang yang mempelajari suatu ilmu tetapi tidak mau mengamalkannya,bagaikan seorang wanita yang berbuat zina ditempat tersembunyi,lalu ia hamil dan perut wanita itu semakin besar,yang akhirnya ketahuan dia hamil. Begitu juga dengan orang yang tidak mau mengamalkan ilmunya,pada hari kiiamat nanti Allah akan memperlihatkan dia dihadapan semua makhluk yang hadir di Makhsyar”
Beramalah selagi engkau masih bisa bernafas sebelum ajal menjemput.



Advertisement

loading...
Tag:

Artikel Terkait:

Silahkan download dan lihat video pembahasan yang lebih mudah!

search