Geser kebawah untuk membaca artikel!

Ringkasan pengertian Al Qur'an

Advertisement

loading...
Sudah lama saya tidak membagikan sesuatu di sini, maaf kan kami karena sibuk dengan tahun baru (padahal cuma nge game) ya sudah tau bukan saya akan membagikan ringkasan pengertian alquran, yah mungkin kalian tau lah apa itu al qur'an jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi, tapi mungkin kalian keliru karena pengertian al quran di keluar kan dari beberapa sumber yang berbeda tapi memilki tujuan yang sama dari semua sumber tersebut, ya jadi saya mungkin akan membagikan dari semua sumber tersebut tapi dalam tanda kutip hanya ringkasanya hehehe, mungkin kalian sedang mencari ini hanya untuk tugas sekolah kan. yah langsung saja jangan ngomong terus yang gak penting kita cuss ke TKP.



Ini dia beberapa pengertian Al Qur'an dari beberapa sumber yang berbeda :

Al Qur'an menurut etimologi (bahasa)

Al Qur'an berasal dari bahasa arab, yaitu bentuk jamak dari kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a - yaqra'u - qur'anan yang berarti bacaan atau sesuatu yang dibaca berulang-ulang.

Al Qur'an menurut terminologi (istilah islam)

Al Qur'an adalah murni wahyu dari Allah swt, bukan dari hawa nafsu perkataan Nabi Muhammad saw. Al Qur'an memuat aturan-aturan kehidupan manusia di dunia. Al Qur'an merupakan petunjuk bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa. Di dalam al Qur'an terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman. Al Qur'an merupakan petunjuk yang dapat mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju jalan yang terang.

Nah ini menurut para ahli agama atau ulama ulama islam :

Menurut Muhammad Ali ash-Shabuni

Al Qur'an adalah Firman Allah swt yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, membaca dan mempelajari al Qur'an adalah ibadah, dan al Qur'an dimulai dengan surat al Fatihah serta ditutup dengan surat an Nas.

Menurut Dr. Subhi as-Salih

Al Qur'an adalah kalam Allah swt merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah.

Menurut Syekh Muhammad Khudari Beik

Al Qur'an adalah firman Allah yang berbahasa arab diturunkan kepada Nabi Muhammad saw untuk dipahami isinya.

Jadi itu adalah beberapa pengertian Al Qur'an dari beberapa sumber yang ada di dunia jadi kesimpulanya kita itu harus mempelajari al qur'an tapi lebih baik lagi kita harus mempelajari al quran dan menerapkan itu semua ke kehidupan sehari hari agar di setiap tarikan nafas kita terdapat pahala yang banyak.

Kumpulan artikel lain tentang Al Qur'an :

Advertisement

loading...
Tag:

Artikel Terkait:

Silahkan download dan lihat video pembahasan yang lebih mudah!

search