Resep Kolak Biji Salak Special

Advertisement

loading...
Biji Salak merupakan salah satu hidangan pembuka bagi umat muslin yang akan melaksanakan buka puasa karena Biji Salak di pilih oleh para umat muslim yang akan berbuka dikarenakan mudah di dapatkan di pedagang yang suka keliling kampung sebelum menjelang sore atau pun di warung warung yang khusus menjual aneka makanan pembuka puasa, nah jadi bagi kalian yang tak sempat untuk membeli atau memesan Biji Salak tersebut kalian dapat membuat sendiri karena sepertinya kalian tidak senang dengan buatan warung atau orang lain jadi kalian sendiri dapat membuat sendiri Biji Salak di rumah masing masing jadi saya menyediakan resep dan cara membuat Biji Salak agar kalian semua dapat membuatnya sendiri, Biji Salak sering di cari karena waktu pembuatan yang luamayan singkat jadi para umat muslim yang akan berbuka puasa memilih Biji Salak untuk hidangan pembuka puasa, kalian juga dapat membuat Biji Salak bersama keluarga kalian bersama anak suami maupun istri, setidaknya itu dapat mempersingkat waktu menunggu berbuka puasa dan mempererat tali keluarga kita. Nah langsung saja kita simak cara membuat Biji Salak.



Waktu persiapan
20 menit

Waktu memasak
25 menit

Waktu total
45 menit


Bahan-bahan

Bubur:

750 air
250 gr gula merah, sisir halus
50 gr gula pasir
3 lembar daun pandan
œ sdt garam

Biji salak:

500 gr ubi jalar, kupas, cuci bersih, kukus, haluskan.
100 gr tepung tapioka
œ sdt garam

Saus santan:

300 ml santan
2 lembar daun pandan
œ sdt garam
œ sdt tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air

Cara membuat

  1. Campur ubi jalar, garam tepung tapioka, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. Sisihkan.
  2. Rebus air, gula merah, gula pasir, daun pandan dan garam hingga mendidih. Angkat dan saring.
  3. Masak kembali larutan gula hingga mendidih. Masukkan biji salak, masak hingga biji salak mengapung. Angkat.
  4. Saus santan: rebus santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih sambil diaduk perlahan. Masukkan larutan tepung maizena, maaak hingga santan mengental. Angkat.
  5. Sajikan bubur dengan saus santan diatasnya

Resep Kolak Biji Salak bisa di gunakan oleh para ibu untuk menyajikan hidangan pembuka pada bulan puasa atau buat makanan penutup cuci mulut ataupun untuk makanan ringan sehari hari, kolak biji salak enak untuk di konsumsi bukan karena manis tapi karena teksture nya yang lembut dan mudah untuk di makan, sekian dulu artikel dari saya semoga dapat membantu kalian semua yang membaca.

Advertisement

loading...

Artikel Terkait:

search