Kumpulan Alat-Alat serta Media Gambar Lengkap

Advertisement

Alat dan Media Gambar - Aktivitas menggambar adalah induk atau basic dari karya seni rupa. Menggambar adalah kesibukan mental serta fisik yang  dituangkan berbentuk goresan tangan, memakai media dua serta tiga dimensi. Menggambar memakai imajinasi serta perasaan melalup alat gambar seperti pensil, bolpoin, krayon, serta alat lain yang bisa dipakai untuk menulis. Objek menggambar bisa berupa flora (tumbuhan), fauna (hewan), serta alam benda, baik benda buatan manusia atau benda yang datang dari alam. Menggambar baiknya diawali dari mencermati objek yang bakal digambar, mengatur komposisi gambar, s/d memberi warna hasil gambar. Prosedur yang perlu dikerjakan dalam menggambar mesti ikuti aturan seni rupa yang lugas, imajinatif, kreatif, serta mengasyikkan dengan memerhatikan unsur-unsur seni rupa seperti titik, garis, warna, serta bagian. Diluar itu menggambar juga mesti memerhatikan prinsip-prinsip seni rupa seperti pembagian, komposisi, keseimbangan, struktur, serta gelap jelas.



Juga sebagai fasilitas belajar menggambar, alat serta media mempunyai banyak variasi serta jenisnya. Anda dapat memakai pensil dengan bahan grafit, pensil warna, bolpoin, serta krayon. Tiap-tiap alat serta media itu mempunyai ciri-ciri yang tidak sama. Sebagian jenis alat serta media gambar seperti berikut.

1. Pensil
Pensil dibedakan jadi dua type, yakni pensil dengan sinyal “H” serta “B”. Pensil H mempunyai karakter keras serta pas dipakai untuk bikin garis yang tidak tebal. Pensil B mempunyai karakter lunak serta pas dipakai untuk bikin garis tidak tipis atau hitam pekat. Pensil H serta pensil B dibedakan dari sisi tingkat kekerasan serta kepekatan akhirnya. Pensil H serta pensil B di beri sinyal angka untuk membedakan macamnya. Untuk pensil B, semakin besar angkanya semakin lunak sifatnya serta semakin pekat hasil goresannya. Untuk pensil H, semakin besar angkanya, semakin keras sifatnya serta semakin tidak tebal hasil goresannya.

2. Pensil Warna
Pensil warna mempunyai variasi warnayang cukup banyak bisa menghasilkanwarna yang lembut. Peserta didik bisamenggunakan pensil warna untuk mewarnaigambar lewat cara gradasi, yakni pemberianwarna dari arah yang gelap berlanjut kearah yang lebih jelas atau demikian sebaliknya.

3. Krayon
Bentuk krayon ada dua type yakni berbentuk pensil serta batangan. Ke-2 type bentuk krayon ada yang memiliki bahan lunak serta keras. Krayon dengan bahan lunak tidakbanyak memiliki kandungan minyak hingga bisa dibaurkan dengan memakai tangan. Kesan warna yang dihasilkan dari keduajenis krayon ini bisa menyebabkan kesan lembut ataupun cerah.

4. Bolpoin
Terkecuali dipakai untuk menulis bolpoin dapat juga dipakai untuk menggambar. Gambar yang dihasilkan mempunyai ciri-ciri yang kuat serta biasanya berbentuk arsiran.

5. Kertas Gambar
Menggambar pada intinya memerlukan kertas yang berwarna netral (putih, abu-abu, atau coklat) serta bisa menyerap atau mengikat bahan pewarna. Kertas gambar yang bisa dipakai dengan beragam alat gambar umpamanya kertas Padalarang. Pastel
terutama membutuhkan kertas dengan permukaan agak kasar, umpamanya kertas karton.


Advertisement

Artikel Terkait:

search