Pengertian, fungsi, dan kekurangan kelebihan dari E-book

Advertisement




Pengertian E-book



E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam,
ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe.

Fungsi E-book



  • Untuk media pembelajaran
  • Jalan yang di gunakan untuk menghemat kertas
  • Membuat komik jadi lebih mudah
  • Sarana untuk membuat sebuah karya (Novel, pidato, dll)
  • Mempermudah seseorang disaat akan membuat catatan


Kekurangan dan Kelebihan



  1. Harga ebook lebih murah dari pada buku umum atau konvensional. Ini adalah salah satu argumen paling besar yang bikin orang lebih memilh ebook dari pada buku umum, banding saja harga buku konvensional yang berisi nyaris sama juga dengan 2 hingga 3 kali lipat harga ebook, sedang harga-book sendiri sangat murah bahkan juga dapat gratis yang kita peroleh dari sebagian website yang sediakan ebook gratis.
  2. Ebook ramah lingkungan. Dengan memakai ebook kita sudah menghemat kertas yang dihasilkan dari pohon. Kita juga menghemat tinta, lantaran ebook tak membutuhkan tinta sama sekali
  3. Ebook ANTI RUSAK, sepanjang tak terserang virus, itu juga dapat juga dibikin bersih dengan anti virus. Pikirkan saja dengan buku konvensional yang bisa rusak, sobek, ketumpahan tinta serta beragam hal yang bisa merusaknya.
  4. Ebook itu gampang dibawa serta mempunyai ukuran yang relatif kecil. Kita bisa dengan gampang membawa beribu-ribu ebook cuma dalam flashdisk yang ukurannya mungkin saja cuma seputar jari kita. Hal semacam ini karena ukuran file e-bok yang relatif kecil.
  5. Kita bisa menghemat saat serta tempat kita. kita bisa menghemat saat kita lantaran kita tak perlu ke toko buku untuk membli buku. Dari sisi tempat, kita tak membutuhkan tempat untuk menaruh ebook, karena kita cuma memerlukan 1 flasdisk yang bisa diisi beribu-ribu ebook.
  6. System pengiriman ebook amat cepat. Kita bisa lakukan pengiriman ebook dalam hitungan sebagian menit bahkan juga dapat dalam sebagian detik. Banding dengan buku konvensional yang membutuhkan saat berhari-hari.


Di samping mempunyai kelebihan-kelebihan e-book juga tak luput dari kekurangan. beriku ini sebagian kekurangan ebook :


  1. Memerlukan satu piranti lunak untuk membukanya, baik computer atau alat yang lain. Hingga kita memerlukan saat yang cukup lama cuma untuk membukanya, sedang buku umum bisa segera kita buka serta tutup sesuka hati.
  2. Kenyamanan. Umumnya bila mau membaca buku kita mau dalam keadaan nyaman, seperti tiduran, duduk enjoy di sofa, serta tiduran di lantai. Hal semacam ini tak dapat kita kerjakan dengan ebook, lantaran kita mesti memandang PC atau laptop, serta kadang-kadang kita tak tahan untuk berlama-lama memandang monitor.
  3. Mata yg tidak punya kebiasaan untuk membaca di monitor. Hal semacam ini bikin umumnya orang condong cetak ebook dengan printer, sesudah membaca sebagian halaman dari ebook.
  4. Ebook mempunyai beragam format, yang tampak dari extension filenya seperti pdf, txt, doc, chm, dejavue, iSilo, dan sebagainya. Hal semacam ini bikin diperlukan beragam aplikasi tidak sama untuk membukanya ataupun membuatnya. Contoh untuk format PDF, untuk membacanya biasanya memakai Acrobat dari Adobe. Untuk membuatnya memakai aplikasi sejenis PDF writer.
  5. Tak seluruhnya format ebook mempunyai sekuriti yang baik. Contoh format txt, sangatlah rawan terserang virus atau dijebol sekuritinya. Sedang pdf telah mempunyai sekuriti yang baik. Namun secanggih apa pun format sekuriti ebook, lantaran digital, ebook terus dapat dibongkar terlebih oleh beberapa hacker.
  6. Sensasi. Tujuannya di sini, kita mempunyai rasa sensasi yang kita rasakan saat buka masing-masing lembaran dari buku umum, tetapi hal semacam ini tak kita rasakan pada ebook.

Advertisement

Artikel Terkait:

search