Pengertian Menggambar, Objek Menggambar, dan Komposisi Sebelum Menggambar

Advertisement

loading...
Alam adalah sumber belajar yang akan tidak pernah habis untuk digali. Keanekaragaman flora serta fauna bisa jadi sumber ide dalam menggambar. Burung adalah salah satu fauna yang kerap digambar dengan memakai berbagai
jenis tehnik serta bahan. Burung Hong adalah salah satu misal fauna yang kerap jadi objek batik di pesisir pantai pulau Jawa. Motif burung Hong ini memperoleh dampak dari China. Dibawah ini terdapat banyak gambar burung yang kerap digambar jadi objek atau motif baik pada ukiran kayu ataupun motif batik diatas kain.



Pengertian Menggambar 

Gambar adalah bhs yang universal serta di kenal jauh saat sebelum manusia mengetahui tulisan. Gambar telah di kenal orang-orang mulai sejak zaman purba. Ketika itu, gambar kerap dikaitkan dengan kesibukan manusia serta roh leluhur yang dikira memberi  keberkahan serta perlindungan. Untuk manusia purba, gambar bukan hanya juga sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja, namun juga memberi kemampuan serta motivasi agar bisa bertahan hidup. Menggambar bukan sekedar melibatkan kesibukan fisik  semata namun juga mental. Kesibukan fisik terkait  dengan keterampilan memakai peralatan menggambar sedangkan mental terkait dengan rasa, karsa, serta daya cipta untukmemenuhi keperluan hidupnya. Manusia dalam lakukan aktivitas menggambar membutuhkan media, alat dan bahan yang senantiasaberubah sesuai sama perubahan zaman. Bila pada zaman purbamanusia menggambar dengan memakai bahan yang tersediadi alam jadi pada zaman saat ini peralatan menggambar telah di produksi oleh pabrik juga sebagai komoditas ekonomi. Manusia melaluimenggambar bisa mengemukakan ide, inspirasi, dan lambang sebagaisalah satu bentuk ekspresi. Jadi menggambar adalah salah satusarana untuk mengekspresikan diri.

Objek Menggambar 

Menggambar bukan sekedar memercayakan imajinasi tetapijuga kadang-kadang membutuhkan objek. Alam semesta adalah objek yang akan tidak pernah habis untuk digambar. Kekayaan flora, fauna serta alam benda adalah objek yang bisa digambar. Keindahan flora, fauna serta alam benda merupakansumber ide serta eksplorasi dalam menggambar.

Komposisi 

Komposisi dalam menggambar bisa dibedakan dalam dua type yakni simetris serta asimetris. Komposisi simetris tunjukkan bahwa objek di bagian kanan sama atau serupa dengan objek dibagian kiri bagian gambar. Komposisi asimetris tunjukkan bahwa objek dibagian kanan berbeda atau miripdengan objek di kiri bagian gambar namun berkesanmenunjukkan keseimbangan. Benda yang berwarnagelap mempunyai kesan lebih berat dari pada benda lainyang besarnya sama juga dengan benda itu tetapiberwarna jelas.
Penguasaan komposisi adalah hal utamasebelum beraktivitas menggambar. Penguasaan ini bakal menuntun serta engarahkansusunan objek dalam menggambar. Sebagian misal komposisi dalam menggambar bisa dipandang pada
gambar di samping.

Advertisement

loading...

Artikel Terkait:

search