Geser kebawah untuk membaca artikel!

Penjelasan Mengenai Seni Hias Rupa dan Macam-Macamnya

Advertisement

loading...
Macam macam seni hias - Keanekaragaman flora serta fauna di Indonesia sangatlah kaya serta bermacam. Tiap-tiap daerah mempunyai kekayaan itu serta jadi ciri atau lambang satu daerah. Kekayaan flora serta fauna lalu oleh orang-orang diabadikan pada bentuk-bentuk macam hias. Macam hias ini bisa didapati pada bangunan atau arsitektur rumahrumah kebiasaan daerah juga sebagai lambang yang mempunyai nilai-nilai kearifan lokal. Macam hias flora serta fauna memakai bahan serta tehnik yang tidak sama. Ada macam hias yang di buat diatas kayu, kain, kulit, serta dan tembaga. Amatilah sebagian gambar macam hias dibawah ini.



Pengertian Macam Hias 

Macam hias atau ornament adalah bentuk karya seni rupa yang telah berkembang mulai sejak zaman prasejarah. Indonesia juga sebagai negara kepulauan mempunyai banyak macam hias. Macam hias di Indonesia di pengaruhi oleh aspek lingkungan alam, flora serta fauna, dan budaya semasing daerah. Hasrat untuk hiasi adalah perasaan atau insting manusia. Diluar itu, pembuatan macam hias juga didasarkan atas keperluan orang-orang baik yang berbentuk praktis ataupun yang berkenaan dengan keyakinan atau agama. Ada macam hias mempunyai arti simbolis lantaran memiliki kandungan nilai-nilai budaya yang ada di orang-orang pendukungnya. Menggambar macam hias bisa dikerjakan dengan stilasi (penggayaan) dengan menyederhanakan bentuk objek sebagai sumbernya dengan pertimbangan keindahan. Diluar itu, gambar hias juga mesti sesuai dengan fungsinya.

Motif Macam Hias 

Macam hias adalah karya seni rupa yang di ambil dari bentuk-bentuk flora (vegetal), fauna (animal), profilal (manusia), serta bentuk geometris. Macam hias itu bisa diaplikasikan pada media dua serta tiga dimensi.

1. Macam Hias Flora 
Flora juga sebagai sumber objek motif macam hias bisa didapati nyaris di semua pulau di Indonesia. Macam hias dengan motif flora (vegetal) gampang didapati pada beberapa barang seni, seperti batik, ukiran, kain sulam, kain tenun, serta bordir.

2. Macam Hias Fauna (Animal) 

Bentuk motif animal bisa di buat berdasar pada beragam type binatang, umpamanya burung, gajah, cicak, ikan, serta ayam. Dalam bikin macam hias, motif hias animal dapat dikombinasi dengan motif hias vegetal atau motif geometrik. Juga sebagai misal, untuk menggambar macam hias dengan motif burung, dikerjakan beberapa langkah tersebut.


  • Bikin gambar kontur burung dengan penggayaan spesifik juga sebagai pola gambar macam hias. 
  • Bikin garis-garis atau bentuk motif penambahan (umpamanya motif vegetal) untuk isi pola itu. 
  • Kerjakan gambar dengan isi bagian bagian dengan warna yang menarik. 


Motif macam hias daerah di Indonesia banyak memakai hewan juga sebagai objek macam hias. Beberapa daerah itu seperti Yogyakarta, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua. Motif macam hias fauna itu bisa didapati pada hasil karya batik, ukiran, sulaman, anyaman, tenun, serta kain bordir. Macam hias bentuk fauna bisa jadikan fasilitas untuk mengenalkan kearifan lokal daerah spesifik di Indonesia seperti burung cendrawasih di Papua, komodo di Nusa Tenggara Timur, serta gajah di Lampung.

3. Macam Hias Geometris 

Macam hias geometris adalah motif hias yang di kembangkan dari bentuk-bentuk geometris serta lalu digayakan sesuai sama selera serta imajinasi pembuatnya. Style macam hias geometris bisa didapati di semua daerah di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua. Macam hias geometris bisa di buat dengan  memadukan bentuk-bentuk geometris ke satu motif macam hias. Macam Hias Profilatif Bentuk macam hias profilatif berbentuk objek manusia yang digambar dengan memperoleh penggayaan bentuk. Macam hias profilatif umumnya ada pada bahan tekstil ataupun bahan kayu, yang sistem pembuatannya bisa dikerjakan lewat cara menggambar.

Pola Macam Hias 

Bentuk macam hias biasanya mempunyai pola atau susunan yang diulang-ulang. Pada bentuk macam hias yang lain, pola yang dipertunjukkan bisa berbentuk pola macam hias yang teratur, terarah serta mempunyai keseimbangan. Pola macam hias geometris bisa ditandai dari memiliki bentuk seperti persegi empat, zigzag, garis silang, segitiga, serta lingkaran. Pola bagian itu adalah pola geometris yang memiliki bentuk teratur. Bentuk lain dari pola geometris yaitu dengan merubah susunan pola macam hias jadi pola macam hias tidak teratur serta terus memerhatikan sisi keindahan.

Tehnik Menggambar Macam Hias 

Gambar macam hias sangatlah bervariatif, ada yang di ambil dari flora, fauna, manusia, serta bentuk-bentuk geometris. Bentuk gambar macam hias, bisa berbentuk pengulangan ataupun sulur-suluran. Ketika anda mau menggambar macam hias terdapat banyak ketentuan yang perlu di perhatikan, seperti berikut.

  • Cermati pola bentuk macam hias yang akandigambar. 
  • Buat persiapan alat serta media gambar. 
  • Tetapkan ukuran pola gambar yang bakal di buat. 
  • Buat sketsa di salah satu kotak/bagian yang sudah dibuatsebelumnya. 
  • Buat bentuk yang sama (dapat dijiplak) pada bagian yang lain. 
  • Memberi warna gambar

Advertisement

loading...

Artikel Terkait:

Silahkan download dan lihat video pembahasan yang lebih mudah!

search