Jenis Jenis Gerbang Logika Beserta Pengertiannya

Advertisement

Pengertian Gerbang Logika Basic serta Type-jenisnya– Gerbang Logika atau dalam bhs Inggris dimaksud dengan Logic Gate yaitu basic pembentuk System Elektronika Digital yang berperan untuk merubah satu atau sebagian Input (input) jadi suatu tanda Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasar pada system bilangan biner yakni bilangan yang cuma mempunyai 2 kode lambang yaitu 0 serta 1 dengan memakai Teori Aljabar Boolean.

Gerbang Logika yang diaplikasikan dalam System Elektronika Digital pada intinya memakai Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, Relay, Optik ataupun Elemen Mekanikal.

Beberapa jenis Gerbang Logika Basic serta Simbolnya

Ada 7 type Gerbang Logika Basic yang membuat suatu System Elektronika Digital, yakni :



Gerbang AND
Gerbang OR
Gerbang NOT
Gerbang NAND
Gerbang NOR
Gerbang X-OR (Exclusive OR)
Gerbang X-NOR (Exlusive NOR)
Tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi Variabel Input (Input) yang membuahkan Output (Keluaran) Logis dimaksud dengan “Tabel Kebenaran” atau “Truth Table”.

Input serta Output pada Gerbang Logika cuma mempunyai 2 level. Ke-2 Level itu biasanya bisa dilambangkan dengan :

HIGH (tinggi) serta LOW (rendah)
TRUE (benar) serta FALSE (salah)
ON (Hidup) serta OFF (Mati)
1 serta 0
Misal Aplikasinya ke Rangkaian Elektronika yang menggunakan Transistor TTL (Transistor-transistor Logic), jadi 0V dalam Rangkaian bakal diibaratkan juga sebagai “LOW” atau “0” sedang 5V bakal diibaratkan juga sebagai “HIGH” atau “1”.

Di bawah ini yaitu Penjelasan singkat tentang 7 type Gerbang Logika Basic beserta Lambang serta Tabel Kebenarannya.

Gerbang AND (AND Gate) 

Gerbang AND membutuhkan 2 atau lebih Input (Input) untuk membuahkan cuma 1 Keluaran (Output). Gerbang AND bakal membuahkan Keluaran (Output) Logika 1 bila seluruhnya input (Input) bernilai Logika 1 serta bakal membuahkan Keluaran (Output) Logika 0 bila salah satu dari input (Input) bernilai Logika 0. Lambang yang mengisyaratkan Operasi Gerbang Logika AND yaitu sinyal titik (“. ”) atau tak menggunakan sinyal sekalipun. Misalnya : Z = X. Y atau Z = XY.

Gerbang OR (OR Gate) 

Gerbang OR membutuhkan 2 atau lebih Input (Input) untuk membuahkan cuma 1 Keluaran (Output). Gerbang OR bakal membuahkan Keluaran (Output) 1 bila salah satu dari Input (Input) bernilai Logika 1 apabila mau membuahkan Keluaran (Output) Logika 0, jadi seluruhnya Input (Input) mesti bernilai Logika 0.
Lambang yang mengisyaratkan Operasi Logika OR yaitu sinyal Plus (“+”). Misalnya : Z = X + Y.

Gerbang NOT (NOT Gate) 

Gerbang NOT cuma membutuhkan suatu Input (Input) untuk membuahkan cuma 1 Keluaran (Output). Gerbang NOT dimaksud dengan juga Inverter (Pembalik) lantaran membuahkan Keluaran (Output) yang berlawanan (kebalikan) dengan Input atau Inputnya. Bermakna bila kita mau memperoleh Keluaran (Output) dengan nilai Logika 0 jadi Input atau Masukannya mesti bernilai Logika 1. Gerbang NOT umumnya dilambangkan dengan lambang minus (“-“) diatas Variabel Inputnya.

Gerbang NAND (NAND Gate) 

Makna NAND yaitu NOT AND atau BUKAN AND, Gerbang NAND adalah gabungan dari Gerbang AND serta Gerbang NOT yang membuahkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang AND. Gerbang NAND bakal membuahkan Keluaran Logika 0 jika seluruhnya Input (Input) pada Logika 1 apabila ada suatu Input yang bernilai Logika 0 jadi bakal membuahkan Keluaran (Output) Logika 1.

Gerbang NOR (NOR Gate) 

Makna NOR yaitu NOT OR atau BUKAN OR, Gerbang NOR adalah gabungan dari Gerbang OR serta Gerbang NOT yang membuahkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang OR. Gerbang NOR bakal membuahkan Keluaran Logika 0 bila salah satu dari Input (Input) bernilai Logika 1 apabila mau memperoleh Keluaran Logika 1, jadi seluruhnya Input (Input) mesti bernilai Logika 0.

Gerbang X-OR (X-OR Gate) 

X-OR yaitu singkatan dari Exclusive OR yang terbagi dalam 2 Input (Input) serta 1 Keluaran (Output) Logika. Gerbang X-OR bakal membuahkan Keluaran (Output) Logika 1 bila seluruhnya Masukan-masukannya (Input) memiliki nilai Logika yang tidak sama. Bila nilai Logika Inputnya sama, jadi bakal memberi hasil Keluaran Logika 0.

Gerbang X-NOR (X-NOR Gate)

Seperti Gerbang X-OR, Gerban X-NOR juga terbagi dalam 2 Input (Input) serta 1 Keluaran (Output). X-NOR yaitu singkatan dari Exclusive NOR serta adalah gabungan dari Gerbang X-OR serta Gerbang NOT. Gerbang X-NOR bakal membuahkan Keluaran (Output) Logika 1 bila seluruhnya Input atau Inputnya bernilai Logika yang sama serta bakal membuahkan Keluaran (Output) Logika 0 bila seluruhnya Input atau Inputnya bernilai Logika yang tidak sama. Hal semacam ini adalah kebalikan dari Gerbang X-OR (Exclusive OR).

Advertisement

Artikel Terkait:

search