Minimal Spesifikasi Hardware, Software Untuk Membangun Komputer Server

Advertisement

Pada kali ini saya akan membagikan sedikit artikel mengenai Membangun Komputer Server yang mungkin dapat kalian pelajari sebagai materi di sekolah atau yang lainnya. Langsung saja saya akan membagikan artikel ini sebagai berikut.


Analisis Kebutuhan Hardware

Line Internet/modem,
          untuk terhubung dengan ISP (Internet Service Provider).  Koneksi ke ISP menggunakan Speedy.

Router
          di gunakan untuk menyaring atau memfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan protocol tertentu, router yang digunakan haruslah compatible dengan paket jaringan yang dipakai.Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal.dengan kata lain router mengetahui alamat computer. Router compatible 1024 Kbps.

Komputer  Server
        suatu komputer yang menjadi pengelola dan pusat bagi komputer lainnya. Karena berfungsi sebagai pusat, minimal sebuah server harus mempunyai beberapa karakter yang lebih dibandingkan dengan komputer yang terhubung kedalam suatu jaringan. Keseluruhan komputer yang terhubung ke server dalam jaringan disebut sebagai Workstation. Hampir semua jenis computer dapat digunakan sebagai computer workstation. Terdapat 1 buah server.

 Prosesor minimal 3,5 Hetz

            Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.

VGA minimal 256 MB.

          VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.

RAM minimal 1 GB

        RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes)

Hardisk minimal 40 G.

       Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Power Supply Unit (PSU)

Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing

Keyboard dan Mouse

Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.

Sound Card (Kartu suara)

Fungsinya sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker

Analisis Kebutuhan Software :


Sistem Operasi
Sistem Operasi yang digunakan untuk server digunakan Sistem Operasi khusus server minimal untuk client adalah Microsoft windows XP atau untuk server Windows Server 2003.

Billing explorer
Billing explorer sebuah aplikasi yang dipakai untuk membantu admin dalam melakukan perhitungan waktu dan biaya serta digunakan untuk membuat laporan keuangan dan laporan data, selain itu juga billing digunakan untuk memanajemen client memberikan penomoran pada client.

Web Browser
Web Browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuka sebuah website dan melakukan aktifitas berinternet lainnya. Contohnya internet explorer, Mozila Firefox, Google Chrome. Dll

Internet Download Manager
IDM merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membantu proses download.

Bandwitch limiter
Bandwitch limiter digunakan untuk mengatur bandwitch yang diberikan pada tiap client agar merata.

Nah itu adalah beberapa spesifikasi hardware dan software yang akan di butuhkan dan digunakan untuk membangun sebuah komputer server, mungkin cuman ini yang hanya dapat saya sampaikan mengenai komputer server yang mungkin dapat membantu kalian semua untuk belajar lebih jauh mengenai materi yang satu ini. mohon maaf bila ada kekurangan di artikel yang satu ini mohon untuk memakluminya.

Advertisement

Artikel Terkait:

search