Jenis piranti penyimpanan data pada komputer terapan jaringan

Advertisement

Ada dua type perangkat penyimpan data, yakni removable storage serta nonremovable storage. Perangkat nonremovable storage, umumnya ada didalam computer. Perangkat ini berbentuk terus atau tidak bisa dibawabawa. Misal removable storage yaitu hard disk internal, RAM, serta ROM computer.

Mengenai perangkat removable storage bisa dibawa kemana-mana. Perangkat ini umumnya membutuhkan satu alat spesifik yang dimaksud drive. Misal removable storage yaitu floppy disk drive untuk floppy disk serta DVD atau CD drive untuk DVD/CD ROM. Besaran yang dipakai untuk menyebutkan ukuran kemampuan data pada media penyimpan dimaksud byte (B). Unit lain untuk menaruh kemampuan data, yakni KB (Kilobyte), MB (Megabyte), GB (Gigabyte) dan sebagainya. Janganlah tertukar dengan arti bit. Bit atau binary digit tidak sama dengan byte. 1 byte setara dengan 8 bit. 10 byte setara dengan 80 bit. Bit umumnya dipakai untuk menyebutkan kecepatan transfer data.

Ada beragam type media penyimpanan, seperti CD DVD ROM, hard disk, floppy disk, tape, flash disk, serta ROM. Kemampuan penyimpanan data tiap-tiap media berbedabeda. Dari mulai sebagian ratus kilo byte hingga meraih beberapa ratus gigabyte. Berdasar pada karakter baca atau catat satu media penyimpanan di kenal arti read only, read write, serta write once read many. Ada media penyimpanan yang bisa di baca serta ditulis berulang-kali (read-write atau rewritable), ada yang cuma dapat ditulis sekali saja (write once read many). Bahkan juga ada media penyimpanan yang cuma dapat di baca saja (read only). Sempatkah anda mendengar istilah-istilah itu? Media apa sajakah yang mempunyai karakter baca atau catat itu?

1. Floppy disk atau disket


Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya relatif kecil (sekitar 360 KB – 2,88 MB). Floppy disk bersifat removable dan readwrite atau rewriteable. Saat ini floppy disk mulai jarang digunakan.

2. Hard disk atau hard drive



Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya relatif besar (di atas 1 GB). Hard disk umumnya bersifat nonremoveable dan rewriteable. Ada jenis hard disk yang dapat dibawa ke mana-mana, yaitu hard disk eksternal.

3. CD ROM, CD RW



Merupakan media penyimpanan data yang kapasitasnya sekitar 650 MB. CD ROM bersifat removable dan hanya dapat ditulis sekali. Adapun CD RW dapat dihapus dan ditulis ulang beberapa kali.

4. DVD ROM, DVD RW



DVD ROM mirip dengan CD ROM. Namun, kapasitasnya sekitar 4,7 GB, 7,95 GB, 8,75 GB, dan 15,9 GB. DVD ROM bersifat removable dan hanya dapat ditulis sekali. Adapun data pada DVD RW dapat dihapus dan ditulis ulang beberapa kali.

5. Flash disk



Media penyimpanan yang bersifat removable dan rewritable. Kapasitas flash disk jauh lebih besar dibandingkan floppy disk, yaitu mulai 500 MB hingga di atas 2 GB. Ukuran flash disk kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

6. SD Card



SD Card mirip dengan flash disk. Bentuknya pipih dan banyak digunakan pada kamera digital.

Advertisement

Artikel Terkait: