Geser kebawah untuk membaca artikel!

Materi dan Penjelasan Modem - NIC (Network Interface Card)

Advertisement

loading...
Kita akan melihat konektivitas komputer dan dua perangkat yang memungkinkan sistem komputer untuk terhubung ke Internet atau media jaringan lainnya. Kedua perangkat kita akan melihat adalah modem dan Network Interface Cards (NIC), yang dua cara komputer dapat terhubung ke Internet.
Modem digunakan untuk koneksi dial-up (sampai 56 kbps) melalui saluran telepon analog standar. Modem, setidaknya dalam definisi ini, dapat diintegrasikan ke dalam motherboard sistem, kartu ekspansi internal, atau perangkat periferal eksternal.
Network Interface Cards digunakan sama untuk menghubungkan sistem media jaringan fisik. Ini bisa menjadi Internet, jaringan lokal, dll Mereka dapat diintegrasikan ke dalam motherboard sistem atau kartu ekspansi internal.



Pengertian Modem


Modem adalah (Modulator Demodulator) yaitu perangkat yang berfungsi mengubah sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya.

Fungsi Modem diantaranya:


  • Untuk menghubungkan komputer/PC ke jaringan internet.


Pengertian NIC


NIC adalah singkatan dari Network Interface Card yaitu sebuah kartu yang fungsinya sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerja NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.

Fungsi NIC diantaranya:


  • Sebagai media yang pengirimkan data ke komputer yang lain di dalam jaringan.
  • Mengontrol data flow diantara komputer & sistem kabel.
  • Sebagai penenerima data yang dikirim dari komputer/PC lain lewat kabel & menerjemahkannya ke dalam bit yang bisa dimengerti oleh komputer.

Advertisement

loading...

Artikel Terkait:

Silahkan download dan lihat video pembahasan yang lebih mudah!

search