Materi dan Penjelasan Printer Server dan WAP (Wireless Application Protocol) Beserta Layer Lengkap

Advertisement

Printer server


Printer server adalah sebuah workstation komputer atau bisa berupa perangkat wireless  yang dijadikan central untuk mengatur semua Printer yang terhubung melalui networking. Print sever adalah salah satu perangkat yang wajib untuk kantor. Dengan adanya Print Server, Pegawai hanya perlu mencetak menggunakan satu printer untuk mencetak dokumen dalam satu ruangan. Mereka tidak perlu memindahkan data ke komputer lain karena data bisa dicetak langsung dari komputer masing-masing. Cara ini dinilai lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja dan menghemat anggaran dalam jumlah yang cukup besar. Satu komputer tidak harus dilengkapi dengan satu printer karena semua komputer dalam satu ruangan hanya membutuhkan satu printer untuk mencetak. Kenyamanan kerja juga bisa ditingkatkan karena ruang kerja menjadi lebih luas. Pemilik bisnis juga lebih diuntungkan karena biaya produksi bisa ditekan dan bisa dialokasikan untuk aset lainnya. Pengeluaran yang tidak menghasilkan bukanlah sesuatu yang menarik bagi dunia bisnis karena aspek utama bisnis adalah aset. Namun, teknologi ini hanya bisa dinikmati dengan koneksi ethernet print server. Berikut tahapan setting Print server dan cara penggunaannya.

WAP (Wireless Application Protocol)


WAP adalah suatu protokol aplikasi yang didesain sehingga memungkinkan informasi di internet dapat diakses oleh perangkat wireless seperti ponsel, PDA, pager dan perangkat wireless lainnya.
WAP merupakan himpunan protokol yang dirancang khusus untuk komunikasi internet dengan perangkat wireless yang memiliki display terbatas dan bandwidth yang rendah. WAP juga dimaksudkan untuk menambah fungisionalitas ponsel untuk layananlayanan real time, seperti informasi indeks saham, lalu lintas dan cuaca. Protokol, standard-standard, dan spesifikasi WAP ditentukan oleh suatu badan yang bernama WAP Forum, dimana Nokia, Ericsson, Motorola, Phone.com (sekarang Unwired Planet) adalah pemprakarsa forum tersebut. Tujuan dari dibentuknya forum ini adalah membuat standar yang memungkinkan informasi di internet dapat diakses menggunakan perangkat wireless dalam ruang lingkup teknologi bearer (pembawa) yang ada. WAP forum mengakui bahwa forum tersebut telah mewakili 95% dari perusahaan pembuat perangkat wireless didunia.

Layer - Layer Pada WAP (Wireless Application Protocol) yang WAJIB diketahui :
Sebagaimana internet yang memiliki 7 layer OSI (Open System Interconnection), sebagai sebuah standar, WAP juga memiliki layer-layer yang mengatur bagaimana komunikasi berlangsung, yang terdiri dari 5 layer (dijelaskan secara singkat) disamping bearer yang digunakan, yaitu:



  • WAE (Wireless Application Environment):

WAE mengadopsi pemodelan WWW, format content-nya serupa dengan standar internet, WAE User agent (perangkat wireless / emulator), format elemen-elemen seperti WML, WMLS, dan WBMP sebagai pembentuk content.

  • WSP (Wireless Session Protocol):

Layer untuk menangani inisialisasi protokol, konfigurasi dan error condition (seperti gagalnya hubungan karena mobile  station berada diluar layanan coverage area). Selain itu juga mengatur pertukaran content aplikasi antar client dan server.

  • WTP (Wireless Transaction Protocol): 

Layer untuk mengatur pertukaran data (response / request) dari suatu aplikasi, misalnya saat browsing, mekanisme response / request ini disebut transaction. Selain itu menjamin transaksi tersebut tidak mengalami loss connection serta menghindari duplikasi pesan.

  • WTLS (Wireless Transport Layer Security):

Layer sebagai interface untuk pengaturan (creating and terminating) koneksi yang aman, privacy, data integrity, autentifikasi, handshaking, denial of service protection, SSL (Secure Socket Layer) dan compression.

  • WDP (Wireless Datagram Protocol):

Membuat dukungan terhadap berbagai type network, pengalamatan aplikasidengan port number, optional error detection.

Advertisement

Artikel Terkait: