Perubahan Budaya Barat Terhadap Perkembangan Agama Islam

Advertisement

loading...
Pengaruh Barat adalah gerakan dahsyat dalam transformasi modern dunia Timur. Pengaruh Barat bukan saja mengubah dunia Islam tetapi juga seluruh Asia dan Afrika . Pengaruh Barat ini berkembang sedemikian pesat, apalagi setelah negara Barat mencapai kemajuan besar di bidang teknologi peralatan perang. selain itu juga negara barat seringkali menyelipkan kebudayaan yang merusak moral umat islam dan dengan terus membuat umat islam menjadi terbiasa dengan kesalahan mereka yang terbawa oleh kebudayaan yang tidak baik dari negara barat.


Sementara itu dalam Islam, istilah ini disebut dengan adab.Islam telah menggariskan adab-adab Islami yang mengatur etika dan norma-norma pemeluknya.Adab-adab Islami ini meliputi seluruh aspek kehidupan manusia.Tuntunannya turun langsung dari Allah melalui wahyu kepada Rasul-Nya. Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan Rasul-Nya Shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai teladan terbaik dalam hal etika dan adab ini.Sebelum kedatangan Islam, yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Arab ketika itu ialah budaya jahiliyah. Di antara budaya jahiliyah yang dilarang oleh Islam, misalnya tathayyur, menisbatkan hujan kepada bintang-bintang, dan lain sebagainya.Dinul-Islam sangat menitik beratkan pengarahan para pemeluknya menuju prinsip kemanusiaan yang universal, menoreh sejarah yang mulia dan memecah tradisi dan budaya yang membelenggu manusia, serta mengambil intisari dari peradaban dunia modern untuk kemaslahatan masyarakat Islami.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.



Perubahan dramatis dalam bentuk dan ciri-ciri fisik berhubungan erat dengan mulainya pubertas yang mengakibatkan pertumbuhan yang cepat, yang membawa tubuh mendekati lebih tinggi dan lebih berat dari masa kanak-kanak.Pencapaian kematangan seksual pada gadis remaja ditandai oleh kehadiran menstruasi dan pada pria ditandai oleh produksi hormone yang meningkat. Hormon-hormon utama yang mengatur perubahan ini adalah androgen pada pria dan estrogen pada wanita, zat-zat yang juga dihubungkan dengan penampilan ciri-ciri seksual sekunder: rambut wajah, tubuh, dan kelamin dan suara yang mendalam pada pria; rambut tubuh dan kelamin, pembesaran payudara, dan pinggul lebih lebar pada wanita. Perubahan fisik dapat berhubungan dengan penyesuaian psikologis; beberapa studi menganjurkan bahwa individu yang menjadi dewasa di usia dini lebih baik dalam menyesuaikan diri daripada rekan-rekan mereka yang menjadi dewasa lebih lambat.

Kebiasaan-kebiasaan orang Barat yang telah membudaya tersebut hampir dapat kita saksikan setiap hari melalui media elektronik dan cetak yang celakanya kebudyaan orang-orang Barat tersebut yang sifatnya negatif dan cenderung merusak serta melanggar norma-norma ke Timuran kita sehingga ditonton dan ditiru oleh orang-orang kita terutama para remaja yang menginginkan kebebasan seperti orang-rang Barat. Kebudayan-kebudayaan Barat tersebut dapat kita mulai dari pakaian dan mode, musik, film sampai pada pergaulan dengan lawan jenis.


  • Bahasa 
Banyak kosakata dalam bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa negara-negara di belahan dunia barat sana, misal : mami, papi, solusi, film, dansa, dll.
  • Musik 
Banyak aliran musik barat yang masuk ke Indonesia yang secara tidak langsung membuat umat islam yang menyukai musik barat ikut dan terbawa budaya negatif dari kebiasaan golongan musik barat , misal : rap, rock n roll, reggae, dll.
  • Fashion 
Pakaian model barat yang sudah tidak mementingkan aurat yang sering kali digunakan oleh umat islam khususnya wanita yang hanya mementingkan keindahannya saja tidak dari segi hukum penutupan auratnya, misal : dasi, tuxedo, gaun, bikini, dll.
  • Tarian
Untuk saat ini sudah tersebar luas beberapa tarian yang melihatkan lekuk tubuh dari penari tersebut yang sudah jelas tidak di perbolehkan oleh agama islam terlebih untuk seorang wanita, misal : breakdance, tango, waltz, chacha, balet, dll.
  • Kuliner 
Bukan berarti kita tidak menghargain makanan yang di produksi oleh bangsa barat itu semuanya haram, itu tidak benar dan semua ini kembali kepada umat islam yang harus lebih teliti dalam membeli makanan yang di wajibkan halal, misal : pizza, burger, hotdog, sosis, keju, yogurt, mentega, dll.
  • Film 
Harus kita ketahui film barat yang kebanyakan di rilis di indoensia mempunyai unsur unsur dewasa yang tidak di perbolehkan di tonton oleh anak di bawah umur, dan imbaknya sekarang banyak kenakalan remaja dimana mana.
  • Tata cara orang berinteraksi 
Sangat jarang sekali sekerang ada orang yang jika bertemu mengucapkan salam dan berubah menjadi misalnya saat bertemu cowok mencium punggung telapak tangan cewek sebagai tanda horma dan juga cipika cipiki, dll.



Advertisement

loading...
Tag:

Artikel Terkait:

search