Bacaan, artinya, hukum bacaan, tafsir beserta kandungan Q.S An-Nisa 59

Advertisement

Bacaan Q.S An-Nisa ayat 59 :



Bacaan Latin Q.S An-Nisa ayat 59 :

"Yaa ayyulladziy na aamanuw atiy 'ullaha wa atiy 'urrosuwla wa ulilamri minkum.faintanaa za'tum fiy syay in farudduw hu ilallahi warrosuwli inkuntum tu minuwna biillaahi waalyaumil aakhiri.dzaalika khoiruwwa ahsanu ta wiy laan"

Arti Q.S An-Nisa ayat 59 :

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya."

Hukum Bacaan Q.S An-Nisa ayat 59 :
mad layyin : syaiin
madthobii : athiiuu
aliflam qomariyyah : al-amri
idgham bilagunnah : hroirul qa ahsanu
idzhar syafawi : kuntum tuminuu

Isi Kandungan dan Tafsir Q.S An-Nisa ayat 59 :

Kandungan yang terdapat pada Surah An Nisa ayat 59 adalah:

  1. Perintah untuk taat pada Allah, Rasul, dan Ulil Amri atau Pemimpin.
  2. Apabila terjadi perbedaan pendapat maka hendaklah dikembalikan ke Allah dan Rasulnya.

Tafsir Menurut Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di
Allah memerintahkan untuk taat kepada Nya dan rasul Nya dengan melaksanakan perintah keduanya yang wajib dan yang sunnah serta menjauhi larangan keduanya. Allah juga memerintahkan untuk taat kepada para pemimpin, mereka itu adalah orang-orang yang memegang kekuasaan atas manusia, yaitu para penguasa, para hakim dan para ahli fatwa.
Kemudian Allah memerintahkan agar mengembalikan segala perkara yang diperselisihkan oleh manusia dari perkara-perkara yang merupakan dasar-dasar agama ataupun cabang-cabangnya kepada Allah dan RasulNya, maksudnya kepada kitabullah dan sunnah RasulNya.

Advertisement

Tag: ,

Artikel Terkait:

search