Bacaan-Bacaan Sholat Dhuha Beserta Dengan Tata Cara Lengkap

Advertisement

loading...
Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang dapat di lakukan 2 rakaat sampai 12 rakaat dan dengan waktu mengerjakannya pada pagi hari tepatnya jam 7 sampai dengan jam 11 atau waktu sebelum sholat wajib dzuhur, yang dimana pada waktu-waktu berikut kita dapat mengerjakan sholat sunnah dhuha dengan baik dan benar. Tata cara mengerjakan sholat ini pun sama seperti mengerjakan sholat wajib 5 waktu kita, yang di lakukan dengan membaca niat sholat dhuha dan diakhiri dengan salam. Meskipun sholat dhuha hanya di kerjakan sebanyak 2 rakaat akan tetapi sangat mempunyai banyak kelebihan dan manfaat yang dapat kita gali untuk mendapatkan pahala yang luar biasa. Sholah dhuha adalah sholah sunnah yang di perintahkan oleh nabi kita Muhammad SAW, sabdanya juga yang berbunyi ” Bershalat Dhuhalah karena dpt mendatangkan Rezeki dan dapat menolak dari kekafiran serta tidak ada yang akan memellihara Shalat Dhuha melainkan orang – orang yg bertaobat” dapat dijadikan sebuah patokan dan pelajaran bagi kita semua yang sangat di anjurkan oleh agama islam dan nabi besar kita Muhammad SAW.

tata cara sholat dhuha


Kumpulan hadist sholat dhuha lengkap menurut beberapa ulama islam :

“Siapapun yang rutin shalat dhuha, akan diampuni dosanya, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan” (HR. Turmudzi)

“Rasulullah SAW mewasiatkan kepadaku 3 perkara: puasa 3 hari setiap bulan, 2 rakaat shalat dhuha, & shalat witir sblm tidur” (HR. Bukhari Muslim)

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya.” (HR. Muslim no. 1176)

“Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (HR. Muslim, no. 1181)

“Wahai anak Adam shalatlah empat rakaat di awal hari, Aku akan lindungi engkau hingga akhirnya.” (HR. Tirmizi, no. 437)

“Tidak ada orang yang memelihara shalat Dhuha, melainkan dia seorang yang kembali, karena dia adalah shalat awwaabin (shalatnya orang-orang yang kembali).” (HR. Ibnu Khuzaimah)

“Siapa yang shalat Fajar berjamaah, kemudian duduk untuk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka baginya bagaikan pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmizi, no. 586)

“Barang siapa yang melaksanakan shalat dhuha 2 rakaat, maka akan ditulis sebagai orang- orang yang tidak lalai dalam mengingat Allah. Barang siapa yang melaksanakan 4 rakaat, akan ditulis sebagai orang- orang yang suka beribadah. Barang siapa yang melaksanakan 6 rakaat, maka akan dicukupkan ia pada hari tersebut. Barang siapa yang melaksanakan 8 rakaat, akan ditulis sebagai orang- orang yang selalu berbuat taat. Dan barang siapa yang melaksanakan 12 rakaat, maka Allah akan membina baginya mahligai di dalam Surga”. (HR At Thabrani)

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan 4 rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim dan Thabrani).

Untuk tata cara dan bacaan sholat dhuha dapat kalian pelajari dan amalkan dengan membaca artikel yang saya buat ini, silahkan anda dapat memperlajari dan membaca bacaan sholat dhuha :

Bacaan Niat Sholat Dhuha

Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Membaca Do'a Iftitah

Membaca Surat Al Fatihah

Membaca Salah Satu Surah Dalam Al Qur'an
Sangat di anjurkan bila pada rakaat pertama kita membaca surat Asy-Syam dan pada rakaat kedua kita membaca surat Al Lail, tetapi itu hanyalah anjuran bukan syarat sholat dhuha jadi kita bisa membaca surat lainnya yang ada di dalam al qur'an.

Ruku’ dan Membaca Bacaan Tasbih Sebanyak Tiga Kali

I’tidal dan Membaca Bacaannya

Sujud Pertama dan Membaca Tasbih Tiga Kali

Duduk Diantara dua Sujud dan Membaca Bacaanya

Sujud Kedua dan Membaca Tasbih Tiga Kali


Kemudian Rakaat Kedua Di Lakukan Seperti Cara di Atas dan Tasyahhud akhir Kemudian Salam Dua Kali

Sholat dhuha dapat di lakukan sebanyak 12 rakaat dengan 2 rokaat setiap shalatnya. Dan setelah sholat dhuha selesai sangat di anjurkan kita membaca do'a setelah dhuha yang akan membuat sholat sunnah dhuha kita menjadi lebih baik lagi dengan do'a dan permintaan kita yang terdapat pada do'a tersebut. Untuk bacaan do'a setelah dhuha akan saya bagikan di bawah ini :

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil  ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba'idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa  bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita'ibadikash shalihin.

Itulah beberapa pelajaran yang dapat saya bagikan mengenai sholat sunnah dhuha yang mungkin dapat kalian semua jadikan suatu pembelajaran yang lebih. Semoga tulisan artikel sholat dhuha dapat dijadikan suatu pembelajaran yang bermanfaat, terimaksih telah berkunjung.

Advertisement

loading...
Tag:

Artikel Terkait:

search