8 Komponen Pemasaran Online / Bisnis Online Yang Sangat Penting

Advertisement

Komponen Pemasaran Online - Pemasaran Online merupakan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan bagi orang-orang yang mengerti akan manfaatnya itu, pemasaran secara online ini sudah sangat  banyak terdapat di indonesia. sampai kepelosok perdesaan sampai kota-kota besar di Indonesia sudah banyak yang menggeluti bisnis yang satu ini. Harus kalian ketahui, berbisnis secara online itu tidak sesulit apa yang kalian fikir selama ini, selagi masih ada ingin rasa ingin tau kita dapat menggunakan media sosial sebagai guru untuk belajar secara mandiri atau otodidak, untuk sekarang ini tidak ada yang tidak mungkin, apalagi berbisnis online, jadi tunggu apalagi?


Komponen Pemasaran Online


Mungkin bagi anda yang merasa penasaran bisa bertanya terlebih dahulu kepada teman atau keluarga yang sudah menggeluti bisnis online sejak dulu, tetapi apabila tidak ada orang dekat yang mengerti sama sekali, kalian semua dapat mencari informasi yang sangat banyak di internet dan komunitas komunitas yang sudah bersebaran di seluruh Indonesia. Dan kali ini saya akan membagikan komponen yang harus kalian ketahui sebelum memulai bisnis anda, mungkin dapat menjadi langkah awal kesuksesan bagi kita dan khususnya kalian semua, Amin. Silahkan lihat 8 komponen berikut ini:

Content Marketing 
Konten merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (ecommerce), dan blog. Bentuk dari konten dapat berupa artikel, blog, how-to, e-book, presentasi, video, dan audio. Konten berkualitas yang dibutuhkan atau bermanfaat bagi pembaca akan meningkatkan kepercayaan, mempererat hubungan antara pemilik konten dengan pembacanya serta meningkatkan rating pengunjung. 

Search Engine Marketing 
Mesin pencari merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu. Google menjadi rujukan pencarian di internet, mencari perusahaan, produk, brand, atau kata-kata. Kunci penting terkait produk sebaiknya bisa merujuk ke informasi di website. 

Email Marketing 
Email Marketing memilki fungsi untuk tetap menjaga hubungan baik dengan klien atau prospek bisnis Anda, sehingga anda tetap terlintas dipikiran mereka saat mereka membutuhkan sesuatu. Email Marketing umumnya dipahami sebagai email berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melaui email, untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

Online Public Relations 
E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi. Media internet dimanfaatkan oleh PR untuk membangun merk (brand) dan memelihara kepercayaan publik. Strategi online PR adalah membidik situs berita dan komunitas online yang berorientasi khusus.

Social Media Marketing 
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien Online.

Online Advertising 
Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Iklan umumnya memiliki 2 tujuan yaitu Branding dan Sales, atau sekaligus kedua-duanya. Setelah menentukan tujuan, maka bisa dipilih berbagai media sesuai profil target market dan juga budget yang sesuai. Berbagai media online, search engine (Seperti Google AdWords), dan Social Media bisa jadi sarana online advertising. 

Website 
Website merupakan media promosi yang paling popular. Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink. 
Pada umumnya tujuan pembuatan website untuk mendatangkan pengunjung potensial sebanyakbanyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat informasi yang disediakan pada web tersebut, maka semakin banyak pula orang yang mengenal dan tertarik pada produk/jasa yang ditawarkan. 

Conversion 
Konversi adalah teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online. Penjual harus mampu menganalisis komposisi kunjungan: berapa banyak pengunjung website, berapa persen pengunjung yang meng-klik tombol pembelian, dan berapa persen orang yang benar-benar membeli. 

8 unsur penting di atas yang menjelaskan mengenai komponen yang harus kita pelajari supaya menambah ilmu dan menambah wawasan kita mengenai bisnis online, untuk itu kita tidak perlu takut lagi supaya dapat menjadi pembisnis online karena tidak sesulit yang kalian bayangkan. Untuk itu saya membuat artikel kali ini, semoga dapat membantu dan jangan lupa lagi lihat artikel saya yang lainnya mengenai dunia online yang mungkin kalian tidak ketahui, Terimakasih.

Advertisement

Tag:

Artikel Terkait:

search